Rabu, 04 Februari 2009

Get It Solidarity For Super Elja


Departemen Dalam Negeri memberi peringatan agar tidak ada satupun pemerintah daerah yang mengucurkan dana APBD bagi klub sepakbola. Departemen Dalam Negeri beranggapan pemberian bantuan kepada klub sepakbola memakai dana APBD tanpa ada pengajuan anggaran sebelumnya, melanggar Peraturan Pemerintah No 58/2005 tentang pengelolaan keuangan daerah. Jika peringatan ini tidak diindahkan, maka kepala pemerintah daerah bisa dianggap melakukan korupsi.Peringatan ini membuat kecut para pemimpin daerah. Para pemilik klub pun ramai-ramai melakukan penolakan. Ini bisa dimaklumi, karena selama ini hampir semua klub sepakbola di kompetisi Indonesia bergantung pada dana pemerintah daerah. Di divisi utama contohnya, dari 36 klub hanya empat klub saja yang benar-benar berusaha hidup mandiri tanpa bantuan pemerintah. Situasi ini ikut berimbas ditubuh PSS Sleman yang notabene salah satu klub yang masih menggantungkan dana APBD sebagai nafas utama. Peraturan Mendagri tersebut akhirnya menyebabkan masalah krisis finansial yang melanda klub kebanggaan masyarakat Sleman ini. “PSS KOLAPS” itulah judul yang selalu mengisi setiap media massa di Yogyakarta. Seburuk itukah tim kebanggakan kita? Bongkar pasang pemain dan rasionalisasi gaji pun diambil oleh manajemen sebagai langkah yang paling tepat untuk melewati masalah ini. Sebagai suporter PSS sejati kita harus memiliki pikiran "Apa yang sudah kita berikan kepada PSS" dan jangan berpikiran "Apa yang sudah PSS berikan kepada kita". Saat ini kesetiaan kita sedang mengalami ujian, mari kita tunjukkan kepada dunia kalu kita merupakan Pendukung PSS sejati yang bisa membantu PSS bertahan hidup.

*) Jenis Kegiatan dari Program Save Our PSS

1) Pembuatan Marchandise Peduli PSS
Mencontoh masyarakat sepakbola Eropa yang notabene lebih maju dengan sepakbola di Negeri kita, Mereka memanfaatkan Marchandise sebagai salah satu pemasukkan untuk Tim. Maka kami yakin bahwa
penjualan Marchandise merupakan salah satu jenis kegiatan yang mampu kita andalkan dalam rangka penggalangan dana. Tentunya didukung dengan kreativitas dalam menciptakan marchandise dan kemampuan melihat peluang.
Ragam Marchandise yang akan dibuat diantaranya :
•Kaos Save Our PSS
•Sweater Save Our PSS
•Stiker Save Our PSS
•Gelang Save Our PSS
•Dan ragam marchandise lainnya
2) Pembukaan Rekening Save Our PSS
Untuk memudahkan dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya serta memanfaatkan semua peluang untuk mendapatkan dana guna membantu keberlangsungan PSS, kegiatan Save Our PSS juga membuka dompet peduli melalui rekening Bank Mandiri kantor cabang Gejayan Atas Nama Deni Ariyati dengan Nomor Rekening 137 000 616 3667 yang dibuka khusus untuk keberlangsungan kegiatan Save Our PSS
3) Lomba Futsal Antar SMA se-DIY
Lomba FUTSAL dipilih sebagai salah satu kegiatan menciptakan momentum untuk mengenalkan ke publik Sleman dan sekitarnya bahwa PSS Sleman masih eksis. Melalui lomba ini pula kegiatan donasi akan dilakukan. Dalam pelaksanaanya lomba FUTSAL ini akan diperuntukkan bagi sekolah-sekolah tingkat SMA di DIY. Hasil pendaftarannya akan disumbangkan kepada PSS Sleman melalui S.O.P Manajement. Sedangkan untuk biaya operasional akan dibebankan kepada pihak sponsor.
4) Lomba Mewarnai dan Menggambar bagi siswa TK–SD (tema Sepakbola) dan Talkshow “How to be a Professional Football Player“
Sepakbola pada kenyataanya bukan hanya konsumsi orang dewasa saja. Lomba mewarnai bagi siswa TK dan melukis bagi siswa SD diharapkan dapat menjadi ajang yang tepat untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia sepakbola sekaligus melunturkan anggapan bahwa sepakbola adalah olahraga yang penuh dengan kekerasan dan tindakan-tindakan anarki lainnya. Serta kegiatan “Talkshow dengan tema How to be a Professional Football Player“ diharapkan mampu menjadi jembatan untuk mengantarkan anak-anak berbakat dalam bidang sepakbola untuk menekuni sepakbola pada tatanan pemain professional.
5) Lomba Desain Kaos Tim untuk Umum
Berbicara tentang Sleman tentunya tidak akan lepas dengan pertumbuhan pendidikan di wilayah Sleman. Banyak sekali potensi-potensi yang apabila kita manfaatkan dengan baik dapat menjadi sumber kekayaan untuk warga Sleman. Lomba desain kaos PSS untuk mahasiswa diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa terutama yang memiliki ketertarikan dan bakat di bidang desain untuk menungakan kreatifitas mereka tersebut dalam wujud Kostum Team. Sehingga lengkaplah sudah harapan dari pemerintah Sleman untuk benar-benar memanfaatkan potensi lokal/daerah, tidak hanya sebatas pada pemain bolanya saja, tapi diharapkan mampu menghasilkan desainer lokal yang mampu bersaing di taraf nasional dan harapannya tingkat internasional. Pemenang dari lomba desain ini hasil karyanya akan digunakan sebagai desain kaos PSS kompetisi 2009. Yang nantinya akan ditawarkan kepada pihak rekanan selaku sponsor untuk kostum PSS 2009.
6) Pembukaan SMS Peduli PSS
SMS Peduli PSS merupakan sebuah dompet peduli yang dilakukan melalui sistem Short Message Service yang harapannya mampu merambah seluruh kalangan pecinta PSS baik lokal DIY dan Nasional. Hal ini bukanlah suatu yang mustahil melihat perkembangan dari pengguna Mobile Phone yang mencakup masyarakat dari berbagai macam golongan maupun rentang usia.
7) Perpisahan dengan tim PSS SLeman 2008
Habis manis sepah dibuang, itulah peribahasa yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan tradisi persepakbolaan di Indonesia. Pemain yang pada awal musim kompetisi sangat didewa-dewakan, diberikan apresiasi yang sangat luar biasa dengan pesta penyambutan selamat datang yang begitu meriah. Tak jarang setelah kompetisi berakhir hanya mendapatkan ucapan selamat jalan seperlunya saja. Sehingga seakan setelah kompetisi berakhir maka berakhir pula lah persaudaraan yang selama ini telah terbangun baik antara Tim dengan Manajemen maupun dengan Suporter. Dengan adanya kegiatan perpisahan dengan Tim PSS 2008 diharapkan mampu merubah citra tersebut. Sehingga pemain tidak merasa hanya menjadi bagian PSS ketika masa kontrak mereka masih berlaku. Ada kesan baik yang ingin diciptakan dengan adanya kegiatan ini yang ke depan harapannya mampu menjadi sebuah tradisi sebagai wujud terima kasih kita terhadap Tim yang selama ini telah berjuang demi kemajuan sepakbola Sleman.

*) Realisasi Donasi Program Save Our PSS

Dengan adanya kegiatan Save Our PSS ini diharapkan dapat membantu Tim dalam hal ini pemain dalam wujud :
• Pemberian Suplemen / Vitamin secara rutin.
• Pemberian Tambahan Makanan ( Buah-buahan )
• Appareal ( Kelengkapan Pemain )
• Bapak asuh untuk pemain yang akan ditentukan kemudian berdasarkan kualitas pemain dan kemampuan keuangan dari kegiatan Save Our PSS ini.
• Serta kegiatan lain yang harapannya dapat meningkatkan semangat dan kekompakan Tim baik di lapangan maupun di luar lapangan. Seperti : Senam Aerobic, Rafting, dan kegiatan lain.
Tentunya dengan catatan melihat kemampuan keuangan dari kegiatan Save Our PSS dan didasarkan pada tingkat kepentingan kebutuhan dari Tim PSS. Dan bentuk donasi akan disampaikan langsung pada Tim dengan sepengetahuan manajeman sehingga transparansi yang menjadi persoalan penting dalam suatu kegiatan dapat dilakukan dengan maksimal.

Tidak ada komentar: